Review film horor Munafik

Belakagan ini dunia maya dikejutkan dengan film horor made in Malaysia yang tersebar secara viral. Yups, film Munafik  yang saya maksud. Film horor anti maenstream menurut saya. Sekalipun saya awam terhadap dunia perfilm-an tapi review saya akan  film ini sebagai film horor yang berkualitas bukanlah sesuatu yang berlebih. Film horor yang feel-nya jauh lebih terasa dan dekat dengan realita dari kondisi sosial masyarakat. Jauh dari kesan dramatisasi tingkat dewa.
Film ini pun sarat dengan hikmah, sisi film horor yang antimaenstreamnya begitu terlihat dari ketegangan sampai level klimaks  dihadirkan dengan tanpa menciptakan tokoh rekaan makhluk tak kasat mata seseram mungkin. Seperti The Counjuring dengan tokoh ciptaannya si valak yang juga sempat meramaikan jagad sosmed. Tak bisa dipungkiri bahwa perkenalan dengan tokoh kuntilanak, genderewo, jelangkung dan kawan-kawan lainnya adalah dimulai dari tayangan media cetak yang mereka -reka sosok yang bernama setan tersebut. Pun film ini dibumbui dengan balutan kasus mengungkap sebuah mistri dengan pemanis cerita yang unpredictable.
Film ini mengisahkan tentang seorang ustadz yang bernama Adam diberi kelebihan, bisa meruqiyah dan melepaskan orang lain dari gangguan syetan. Namun lepas kepergian istrinya, ia sempat terpuruk dalam ratapan kesedihannya juga sulit untuk dimintai lagi pertolongannya.Tapi ketika salah satu warga masyarakatnya yang berama Maria terkena gangguan Iblis dan ia mau tak mau harus membantunya. Perjalanan Adam dalam melepaskan Maria dari gangguan Iblis juga mengungkap dalang dari terganggunya hidup Maria begitu menarik dengan akhir cerita yang diluar prediksi.
Judul munafik ini sempat menjadi teka-teki yang mengasyikan, siapa tokoh dari latar judul film tersebut? Film tersebut sengaja dibuat spot yang bertanya-tanya sampai ending cerita. Pemgambilan spot tersebut berhasil membawa sudut pandang penonton yang memprediksi Adam dan juga Ibu tirinya sebagai tersangka dari tokoh munafik tersebut. Adam dengan ketidakikhlasannya dalam melepas kepergian istrinya.Orang kedua yang dicurigai sebagai tokoh munafik  adalah Ibu tirinya yang sempat didapati memiliki benda yang diyakininya sebagai jimat yang bisa melindungi.Ending cerita terungkapnlah siapa dalang dibalik terganggunya Maria yang ternyata ayah kandungnya sendiri dengan bertopengkan jubah dan sorban, kerap kali mendatangi mesjid namun ternyata ia adalah sosok pemuja iblis yang juga penyebab meninggalnya Zulaikha yang tak lain istri dari Adam.
Dan sarat hikmah yang kita dapat dari Film ini adalah tentang ikhlas agar tak ada noda munafik menghiasi hati. Sesulit apapun ia, adalah harus diperjuangkan. Dan garis bawah lainnya adalah bahwa ikhlas tak ada dalam kemaksiatan. 

6 komentar:

  1. Yups.. dan yg lebih menariknya lg penulis skenario & penyanyi soundtracknya itu ternyata Aktor pemeran ustadz Adam toh.. Multitalent yah! 😄

    BalasHapus
  2. yang penyanyinya baru upadte nih, keren nih si abang dari selangor malaysia ini, betul, betul, betul?

    BalasHapus
  3. segera meluncur ke yutobe, seru tuh gan

    BalasHapus
  4. aku baru lihat ada yg review film ini ... jadi pengen nonton lagi kan 😉 good review hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

- See more at: